Poltek Harber Fasilitasi Anak Panti Asuhan Pelajari Teknologi Digital

Salah satu peran dan tanggung jawab perguruan tinggi adalah mentransformasikan dan menyebarluaskan ilmu, pengetahuan, dan keahlian kepada masyarakat. Seperti pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh tim dosen Program studi (Prodi) Sarjana Terapan Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) di Laboratorium Komputer, Gedung B, Poltek Harber, pada Sabtu (29/07/23).

Kegiatan yang diberi tema “Studi Pengenalan Google Workspace Facility Bagi Anak-anak Panti Asuhan Santo Aji Kota Tegal” diikuti oleh 20 anak-anak panti asuhan Santo Aji jenjang SMA atau sederajat beserta satu orang pendampingnya. Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari, peserta kegiatan mendapatkan materi dan praktikum seputar pengelolaan teknologi digital Google Workspace, seperti: Google Drive, Google Form, Google Doc, Google Spreadsheet, dan Google Slide.

Ketua PKM Ginanjar Wiro Sasmito menjelaskan, Google Workspace sangat penting dikenalkan kepada anak-anak panti asuhan yang saat ini tengah berproses belajar mereka. “PKM ini menjadi bekal yang sangat berarti setelah siswa menyelesaikan studi dan masuk ke dunia kerja maupun studi lanjut ke jenjang pendidikan tinggi,” kata Ginanjar.

Salah satu peserta kegiatan, Verawati, mengaku sangat senang dan merasa beruntung bisa mengikuti kegiatan yang kaya manfaat dan makna ini. “Saya berharap ada program lanjutan atau program-program lain yang bisa diberikan kepada kami. Terutama dalam hal pemanfaatan teknik informatika atau internet yang dapat meringankan atau menyelesaikan pekerjaan,” ujarnya.

Selama kegiatan PKM tersebut, Ginanjar didukung oleh tim PKM, seperti Dairoh, Ratono, Koandres, Irfan, dan Laeli yang berperan sesuai tugas dan fungsi masing-masing sesuai yang disepakati sebelumnya.

“Terlihat semua peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Interaksi antara peserta dan pemateri sangat intens terjadi, terutama saat masuk ke sesi praktikum dan menyelesaikan project atau case tertentu,” tambah Ginanjar.

04 Agustus 2023 - 14:10:52 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Teknik Informatika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa