Poltek Harber Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Digital Dana Amil Zakat

Dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) bersama dengan Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Kramat melaksanakan pelatihan teknis mengenai Transformasi Digital pada Pengelolaan Laporan Keuangan yang bertempat di Balai Desa Dinuk Kecamatan Kramat, pada sabtu, (27/05/2023).

Dosen Prodi ASP Poltek Harber Mohammad Alfian, memaparkan materi mengenai pengelolaan laporan keuangan berbasis Google Workspace, yang kemudian dipraktekkan langsung oleh semua peserta yang terdiri dari anggota unit pengelola zakat, infak dan sedekah NU ranting se-kecamatan Kramat. “Google Workspace memberikan fasilitas yang cukup mumpuni yang dapat digunakan oleh organisasi dalam melakukan pelaporan pengelolaan keuangan organisasi.”

Alfian menambahkan, lembaga amil zakat memiliki tanggung jawab moral dalam melakukan pertanggungjawaban atas dana umat yang dikelolanya. LazisNU merupakan salah satu lembaga pengelola dana zakat, infak, dan sedekah sedang melakukan pembenahan dalam pengelolaan dana umat agar dapat lebih transparan dan akuntabel. 

“Pemanfaatan teknologi informasi yang banyak disediakan oleh para penyedia layanan dapat mendukung ketercapaian akuntabel dan transparansi dalam pengelolaan dana umat yang diamanatkan kepada lembaga pengelola”, terang Alfian.

Pengurus LAZISNU Kabupaten Tegal bidang IT, Saeful berharap pelatihan tersebut dapat bermanfaat dan berkelanjutan.

“Saya berharap agar pelatihan ini tidak berhenti sampai saat ini, sehingga para peserta lebih bersemangat dalam berorganisasi” ujar Saeful. 

“Semoga kegiatan pelatihan ini bermanfaat bagi kita semua dan memudahkan kita kedepannya” tambahnya.

Mohammad Alfian menambahkan, kegiatan ini sebagai permulaan yang baik dalam proses digitalisasi pengelolaan digital. “Pelatihan ini tepat dilakukan sebagai permulaan yang bagus dalam penataan administrasi organisasi agar transparan dan akuntabel dalam pengelolaan dana umat”, ungkap Alfian.

30 Mei 2023 - 15:15:35 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Akuntansi Sektor Publik  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa