Poltek Harber Kenalkan Pembelajaran Literasi Berbasis Lingkungan

Tim Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Desain Komunikasi Visual dan Prodi D-3 Kebidanan memberi pelatihan literasi berbasis lingkungan dan edukasi terkait stunting di Desa Kendayakan, Kec. Warureja, Kabupaten Tegal, pada Rabu, (05/07/23).

Puluhan Anggota Taman Baca Saroja dan masyarakat antusias mengikuti kegiatan dalam rangka pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM).

Ketua tim PKM, Iin Indrayanti, M.Pd menjelaskan, tujuan kegiatan pengabdian kali ini yaitu untuk mengenalkan sekaligus meningkatkan kemampuan literasi berbasis lingkungan atau dikenal dengan nama ecoliteracy. 

Bersama tim mahasiswa Desain Komunikasi Visual, sesi pelatihan bagi peserta usia SD diberikan dalam bentuk storytelling yang bertujuan untuk mengenalkan dan berlatih kosa kata Bahasa Inggris (English Vocabulary) melalui dongeng pendek sekaligus menanamkan rasa cinta dan kepedulian terhadap lingkungan sejak kecil melalui aktivitas learning by doing.

“Diberikan juga sesi pelatihan sketch drawing (menggambar sketsa) bagi peserta usia SMP dan pelatihan fotografi menggunakan gawai/android bagi usia pelajar SMA/SMK sederajat dengan total peserta sebanyak 75 orang. Di samping itu, sesi edukasi stunting diikuti oleh masyarakat, khususnya orang tua peserta sebanyak hampir 50 orang,” lata Iin.

Antusiasme masyarakat di Dukuh Kebandingan, Desa Kendayakan, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal ini sangat dirasakan selama kegiatan berlangsung. Hal ini terlihat dari dukungan langsung yang diberikan oleh Ketua Taman Baca Saroja Saripudin, S.Pd dan SDN Kendayakan 03 yang telah memberikan fasilitas ruangan selama kegiatan.

“Kami berharap agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan. Sehingga kemampuan literasi masyarakat khususnya pelajar di desanya semakin meningkat. Tim mahasiswa sendiri merasa sangat senang dapat terlibat dalam kegiatan PKM ini, karena mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama kuliah kepada masyarakat,” ujar Kepala Desa Kendayakan, Rasiun.a

20 Juli 2023 - 14:22:49 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Desain Komunikasi Visual  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa