Poltek Harber Manfaatkan Aplikasi Simulator untuk Pembelajaran Siswa

Program studi (Prodi) Teknik Komputer manfaatkan aplikasi Wokwi sebagai media pembelajaran Mikrokontroler Berbasis Simulator di SMK Dinamika Kota Tegal, pada Rabu, (10/01/24).

Kegiatan ini diikuti oleh 23 siswa SMK Dinamika, dan termasuk pada rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) prodi Teknik Komputer.

Ketua PKM, Lukmanul Khakim menuturkan Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa SMK terkait penggunaan aplikasi Wokwi untuk membuat rangkaian berbasis mikrokontroler guna meningkatkan hardskill siswa. Aplikasi Wokwi,  lanjut Lukman, merupakan aplikasi virtual yang digunakan untuk memudahkan siswa-siswi dalam membuat rangkaian mikrokontroler. 

“Seluruh peserta akan diberikan materi terkait mikrokontroler dan pengenalan aplikasi Wokwi, kemudian setelah materi disampaikan, dilanjutkan dengan praktikum secara langsung untuk membuat proyek sederhana berbasis mikrokontroler,” ujar Lukman. 

“Antusias dari seluruh peserta kegiatan sangat terlihat, di mana hampir seluruh peserta melakukan praktikum dan bertanya kepada pendamping kegiatan PKM”, tambahnya.

Perwakilan guru SMK Dinamika, Guniarsih menuturkan, kegiatan PKM ini terlaksana dengan baik, dan diharapkan mampu memberikan manfaat untuk para siswanya mengenai aplikasi Wokwi.


“Kegiatan ini sangat membantu siswa kami, terutama dalam memahami pembelajaran mengenai materi mikrokontroler, melalui aplikasi Wokwi. Kami mengharapkan dengan adanya kegiatan ini SMK Dinamika dan Poltek Harber dapat bekerja sama dengan baik kedepannya,” kata Guniarsih.



23 Januari 2024 - 16:49:34 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Komputer  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa