Prodi ASP Poltek Harber Tingkatkan Kualitas Laporan Keuangan BUMDes

Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Tegal  melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang laporan keuangan BUMDes Tahun 2023 di Kantor Dispermades Kabupaten Tegal, pada Selasa (11/07/23). Kegiatan tersebut merupakan upaya dari Dispermades dalam mendorong peningkatan kualitas pelaporan keuangan yang dihasilkan oleh BUMDes.

Ketua Prodi Sarjana Terapan ASP Mohammad Alfian menjelaskan, laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan sekumpulan dokumen catatan keuangan dan aktivitas keuangan yang berisi mengenai informasi keuangan BUMDes selama periode tertentu. “Laporan keuangan tersebut ditujukan untuk melakukan pertanggungjawaban atas sumberdaya ekonomi yang dikelola oleh manajemen yang ditujukan kepada pihak-pihak pemberi amanah kepada manajemen BUMDes,” ujar Alfian.

Alfian menjelaskan, pada kegiatan tersebut para peserta diberikan pemahaman mengenai standar pelaporan keuangan yang harus dipatuhi oleh manajemen BUMDes dalam menyusun laporan keuangan yang dihasilkannya. Standar pelaporan keuangan BUMDes mengacu pada Keputusan Menteri Desa PDTT nomor 136 tahun 2022 tentang panduan penyusunan laporan keuangan BUMDes.

"Pelaporan Keuangan BUMDes wajib disusun dan dilaporkan sebagai bentuk tanggung jawab Pengelola BUMDes dalam penggunaan sumber daya ekonomi yang dipergunakan selama periode berlangsung," ujar Digdo selaku perwakilan Dispermades Kabupaten Tegal.

“Melihat dari kurangnya kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada pada masing-masing BUMDes, perlu adanya Kegiatan Pendampingan yang dilakukan dalam proses Penyusunan Pelaporan Keuangan BUMDes,” kata Alfian.

Oleh karena itu, lanjut Alfian, pihaknya akan berkolaborasi dengan Dispermades Kabupaten Tegal akan melakukan pendampingan terhadap BUMDes yang menjadi lokus yang ada. 

“Mahasiswa Prodi Akuntansi Sektor Publik Poltek Harber akan ditugaskan untuk dilakukannya kegiatan pendampingan guna membantu BUMDes dalam penyusunan pelaporan Keuangan BUMDes agar sesuai dengan regulasi yang berlaku,” tambahnya.

13 Juli 2023 - 14:38:19 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Akuntansi Sektor Publik  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa