Prodi Kebidanan Poltek Harber Bekali Mahasiswanya untuk Perawatan Ibu Hamil Pasca Melahi

Program Studi (Prodi) D-3 Kebidanan, Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan kegiatan Pelatihan Postnatal Treatment selama 2 hari dengan daring dan luring pada 25 & 29 Juli 2023 lalu.

Pelatihan ini bertemakan Loving Postnatal Massage & Treatment sesuai dengan visi Prodi yang bekerjasama dengan IHCA Institute. Peserta pelatihan adalah mahasiswa Kebidanan semester VI agar setelah lulus dapat membuka usaha atau praktek kewirausahaan.

Tujuan kegiatan pelatihan untuk memberikan bekal mahasiswa bidang kesehatan terkait dengan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pijat dan perawatan pasca melahirkan yang penuh perhatian dan kasih sayang (loving). 

Acara ini dirancang khusus untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman yang mendalam tentang perlunya dukungan fisik dan psikologis bagi ibu pasca melahirkan, serta mengajarkan teknik pijat dan perawatan yang terapeutik dan empatik guna membantu ibu dalam proses pemulihan dan adaptasi setelah melahirkan. 

“Di berbagai budaya dan tradisi, perawatan pasca melahirkan merupakan bagian penting dari upacara dan ritual yang didedikasikan untuk mendukung kesehatan dan pemulihan ibu setelah melahirkan. Dan saat ini banyak bidan yang telah mengembangkan kemasan postnatal treatment dengan pendekatan yang lebih modern dan menyenangkan, agar lebih menarik bagi ibu pasca melahirkan. Pendekatan ini mencakup kombinasi antara tradisi yang sudah ada dan praktik-praktik medis terkini, serta menghadirkan elemen modern seperti teknologi, kenyamanan, dan gaya hidup yang sesuai dengan perkembangan zaman,” kata Erni Unggul Sedya Utami, SE, M.Si., selaku Wakil Direktur II bidang Organisasi dan SDM.

Dr. Melyana Nurul W, S.SiT, Bdn, M.Kes (Founder Indonesian Holistic Care Association (IHCA)) menuturkan bahwa menjadi bidan tidak selalu harus fokus ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebagai seorang bidan, ada banyak peluang untuk mengembangkan diri dan berkarir di berbagai bidang, termasuk berwirausaha. Salah satu peluang berwirausaha yang menarik adalah dalam bidang postnatal treatment massage.

“Kita akan belajar tentang loving, nurturing, touching, bagaimana seorang perempuan itu mulai dari sebelum hamil pada saat masih ramping lalu dia menikah kemudian hamil menjalani siklus sebagai seorang wanita, setelah hamil kemudian melahirkan dan menyusui. Tentunya semua wanita menginginkan siklus kehidupannya dalam kondisi yang selalu sehat,” terang Melyana. 

Sementara itu, Kaprodi D-3 Kebidanan, Seventina Nurul Hidayah, S.SiT, M.Kes., menjelaskan bahwa  pengadaan pelatihan sebagai bekal bagi lulusan Prodi Kebidanan yang ingin berwirausaha, termasuk dalam bidang postnatal treatment, merupakan langkah yang sangat positif. Dengan mengadakan pelatihan ini, lulusan akan diberikan pengetahuan dan keterampilan khusus yang relevan dengan perawatan pasca melahirkan serta kemampuan untuk mengelola usaha kewirausahaan yang efektif dan profesional.

Dalam pelatihan luring yang diadakan di Aula Gedung C, Tim IHCA memberikan demonstrasi teknik-loving postnatal massage dan perawatan pasca melahirkan kepada peserta. Peserta mengamati dengan seksama untuk memahami langkah-langkah yang benar. Setelah demonstrasi, peserta dibagi menjadi pasangan atau kelompok kecil untuk melaksanakan latihan berpasangan. Satu peserta berperan sebagai terapis dan yang lainnya sebagai klien. Peserta akan bergantian berperan sebagai terapis dan klien sehingga setiap peserta memiliki kesempatan untuk mempraktikkan dan merasakan teknik-loving postnatal massage.



15 Agustus 2023 - 10:41:30 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Kebidanan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa