Prodi TI Poltek Harber Hadirkan Narasumber Inspiratif di Invofest 2023

Program Studi Sarjana Terapan Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) adakan seminar nasional, di Aula Poltek Harber, pada Rabu, (25/10/2023).

Seminar nasional yang bertemakan “Unlocking the Future: Embracing the Digital Revolution for a Better Tomorrow” merupakan salah satu rangkaian acara dari Informatics Vocational Festival (Invofest) 2023 yang rutin diselenggarakan oleh Prodi Sarjana Terapan TI Poltek Harber setiap tahun.

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Poltek Harber, Gunawan Adib Achmadi, menuturkan saat ini dunia sedang menghadapi badai yang bernama disrupsi. 

“Di era inovasi saat ini, sekitar 23 juta pekerjaan lama hilang dikarenakan otomasi. Kemudian muncul lapangan kerja baru yang jumlahnya lebih besar,” kata Adib.

“Hari ini yang telah mapan tiba-tiba ketinggalan oleh inovasi baru. Termasuk dunia pendidikan mengalami ancaman besar. Saat ini, YouTube memiliki segala ilmu pengetahuan dalam bentuk video, kemudian munculnya google dan chat GPT juga menjadi tantangan  inovasi untuk pendidikan tinggi,” kata Adib.

Adib berpesan, agar mahasiswa dan perguruan tinggi dapat bertahan maka diperlukan kemampuan literasi yang baik serta memiliki kemampuan berpikir untuk membangun daya nalar.

“Inovasi tidak akan terjadi jika literasi kita tidak kuat dan kita tidak memiliki kemampuan critical thinking,” kata Adib.

Engagement Specialist Red Hat Academy, Putri Ananda, menjelaskan mengenai pentingnya sertifikasi untuk modal bekerja.

“Pentingnya sertifikasi agar lulusan telah diakui terkualifikasi. Sertifikasi dapat menjadi  modal bekerja untuk para lulusan. Red Hat Academy menawarkan sertifikasi gratis dan program student ambassador untuk mahasiswa Poltek Harber,” ujar Ananda.

Ketua Panitia Invofest 2023, Avriansyah Bahtiar, berharap, acara Invofest 2023 dapat memberi wawasan yang berharga dan menginspirasi mahasiswa.

“Kita dapat merayakan pencapaian teknologi digital menuju masyarakat yang lebih sejahtera,” ujar Avriansyah.

Adapun narasumber inspiratif lainnya Senior Consultant Red Hat Indonesia, Indra Kurniawan dan Founder & CEO Komerce, Nofi Bayu Darmawan.

27 Oktober 2023 - 16:17:02 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Teknik Informatika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa