Puluhan Mahasiswa Poltek Harber Kunjungi Industri Surabaya-Bali

Mahasiswa Semester 4 Program Studi (Prodi) D-3 Teknik Mesin dan D-3 Teknik Elektronika Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) melaksanakan kegiatan Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) dengan tujuan Surabaya - Bali, dari tanggal 21 Mei 2023 hingga 26 Mei 2023.

Sejumlah 60 Mahasiswa Prodi D-3 Teknik Mesin dan sejumlah 20 Mahasiswa dari Prodi D-3 Teknik Elektronika Poltek Harber berkunjung ke PT Maspion dan PT. Sumber Teknik di Surabaya. Mahasiswa diberikan wawasan tentang proses produksi pada pembuatan produk-produk dari Maspion. Dari mulai raw material hingga menjadi produk jadi yang siap dipasarkan. 

Dosen Prodi Teknik Mesin Poltek Harber, Andre Budhi Hendrawan menuturkan, kegiatan kunjungan industri ini merupakan kegiatan proses belajar langsung terjun ke dunia industri sehingga mahasiswa lebih dekat dengan industri dan memiliki pandangan tentang perkembangan teknologi di dunia industri. 

“Hal ini bagus untuk mahasiswa, karena mahasiswa dapat lebih mempersiapkan diri bersaing di dunia industri nantinya. Selain itu, mahasiswa menambah pengalaman yang dapat membuka wawasan, knowledge, dan cara pandang sehingga mahasiswa dapat memiliki ide-ide dalam membuat tugas akhir yang dapat menyelesaikan permasalahan yang kurang di dunia industri,” kata Andre.

 Andre menambahkan, sebagai mahasiswa cetakan Perguruan Tinggi Vokasi seperti Poltek Harber, kegiatan ini sangat penting karena proses pembelajaran harus match dengan dunia industri baik lokal maupun nasional. Harapannya dapat menambah knowledge mahasiswa baik proses produksi dan mesin-mesin modern yang sudah otomasi dan robotik digunakan dalam dunia industri. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan wawasan tentang kebutuhan SDM yang dicari perusahaan baik hard skill maupun soft skill sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan diri dari sekarang.

“Kami mewakili PT Maspion sangat senang sekali karena dapat kunjungan dari mahasiswa Politeknik Harapan Bersama khususnya Prodi Teknik Mesin dan Teknik Elektronika. Karena dengan adanya kunjungan industri ini, PT Maspion juga ikut berperan dalam proses pembelajaran mahasiswa dalam memperkenalkan dunia industri yang sangat cepat sekali berkembang,” ujar Manager Event & Promotion Maspion Square - Maspion IT,  Samsul Sunyoko.

Sementara itu, pihaknya menambahkan bahwa perguruan tinggi dan mahasiswa harus selalu update teknologi sehingga daya serap lulusannya tinggi atau dengan cara lain yaitu link and match antara dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dengan perguruan tinggi dalam proses pembelajaran salah satunya magang dan kunjungan industri seperti ini. 

“Semoga dengan kegiatan ini dapat memberi pengetahuan dan wawasan tentang dunia industri pada mahasiswa sehingga mahasiswa dapat membekali diri dengan skill, attitude, knowledge yang cukup untuk bersaing di dunia industri”, ujar Samsul.

30 Mei 2023 - 14:58:12 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Elektronika   Prodi D-3 Teknik Mesin  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa