Puluhan Siswa Kunjungi Pameran Karya Mahasiswa Teknik Elektronika Poltek Harber

Program Studi (Prodi) D3 Teknik Elektronika Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan pameran Tugas Akhir (TA) dengan tema “Electrical Evolution for Life” bertempat di Aula Gedung C, pada Rabu (26/07/23).

Wakil Direktur Bidang Kerjasama Poltek Harber Ginanjar Wiro Sasmito menjelaskan, institusi sangat mendukung penyelenggaraan pameran sebagai bentuk ekspresi mahasiswa. Menurutnya, Prodi Teknik Elektronika mampu bersaing dan menunjukan eksistensinya. 

“Kami ingin mengundang stakeholder untuk melihat, membeli, dan mengakuisisi produk mahasiswa. Contohnya produk pengering ikan, kita bisa mengundang UMKM/Koperasi yang usahanya memproduksi ikan asin. Setidaknya minimal, produk TA itu tidak hanya sekadar mangkrak, akan tetapi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

 Jadi ilmu akan tetap mengalir dan bermanfaat, serta mendapatkan kebaikan. Target kita memang sampai tahap komersialisasi, sampai dilirik oleh stakeholder dan investor, maka nantinya akan ke tahapan berikutnya yaitu presentasi, bisnis proses dll. “

“Kami berharap, segala macam inovasi dan hal-hal yang menarik dapat diterapkan di Prodi Teknik Elektronika. Pameran TA ini menjadi karya yang besar bagi Prodi Elektronika, berharap dapat membawa dampak yang baik seperti kepercayaan dari masyarakat kepada Prodi Elektronika,” kata Ginanjar.

“Produk yang dihasilkan itu tidak bernilai apabila tidak dapat diaplikasikan ke masyarakat. Sesederhana apapun produknya, apabila bermanfaat dan mempunyai nilai jual tinggi maka itu sangat bermanfaat sekali,” tambahnya.

Ketua Program Studi (Kaprodi) D3 Teknik Elektronika Poltek Harber, Rony Darpono menuturkan, pameran ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa mahasiswa Prodi Elektronika mampu membuat produk atau karya yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Di antara project yang sudah dibuat, kami berencana memberikan karya kepada pemerintah kota Tegal berupa lampu hias untuk branding kota Tega. Harapan saya, Prodi Elektronika bisa berjaya kembali,” terang Rony.

Sementara itu, Ketua Panitia, Muhammad Setiaji menyampaikan tema kali ini merupakan Electrical Evolution for Life yang artinya adalah pengakuan perkembangan elektronika dan teknik listrik yang memiliki peranan penting dalam hidup kita sehari-hari. 

“Berkat bantuan dari tim, pameran ini bisa diikuti oleh 20 project mahasiswa. Kegiatan pameran dilaksanakan selama 2 hari yang diikuti oleh sivitas akademika dan puluhan siswa dari SMK Tegal, Brebes, dan Pemalang. Semoga acara pameran ini berlangsung dengan baik dan lancar,” kata Setiaji.

28 Juli 2023 - 10:13:20 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Elektronika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa