Raih Hibah Competitive Fund, Teknik Elektronika Poltek Harber Siapkan Lulusan Jadi Wirausaha

Program Studi (Prodi) D3 Teknik Elektronika Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mendapatkan hibah Competitive Fund (CF) Vokasi 2024 dari Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Kemendikbudristek RI.

Wakil Direktur Bidang Akademik Poltek Harber, Heru Nurcahyo menuturkan, dengan mendapatkan hibah competitive fund tahun 2024 ini, Poltek Harber mendorong setiap Program Studi bisa menyiapkan Teaching Factory (Tefa).

“Tefa dibutuhkan dalam proses pendidikan vokasi, hal ini terkait dengan lulusan pendidikan vokasi agar bisa menghasilkan produk dan jasa. Hingga produk dan jasa tersebut dapat terhilirisasi ke masyarakat maupun dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA),” ujar Heru, pada saat evaluasi kelayakan proposal Competitive Fund, di Santika Premiere Jakarta, Rabu (20/12/23).

Ketua Program Studi D3 Teknik Elektronika Poltek Harber, Rony Darpono menjelaskan, program hibah CF mengusung tema terciptanya Tefa untuk mendukung kemandirian lulusan. Program tersebut, lanjut Rony  merupakan rintisan Tefa untuk membuat produk pulsed electric field. 

“Agar bisa menghasilkan Tefa, dilakukan beberapa program diantaranya workshop peningkatan tata kelola Tefa bersama mitra industri, pelatihan dan sertifikasi kompetensi dosen dan tendik, penambahan peralatan laboratorium pendukung Tefa serta pelaksanaan magang ke mitra industri dalam project pendukung pulsed electric field,” kata Rony.

“Semoga dengan adanya hibah ini dapat menghasilkan lulusan yang dapat mandiri dengan menjadi wirausaha bidang otomasi,” tambahnya.

Ketua Tim Task Force Poltek Harber Aldi Budi Riyanta mengatakan, kegiatan CF merupakan salah satu kegiatan hibah yang membantu meningkatkan pengelolaan kelembagaan.

“Terutama untuk program studi dalam mempersiapkan lulusan untuk bekerja dan menunjang kegiatan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM),” pungkas Aldi.

Adapun rangkaian kegiatan yang terpilih dalam CF antara lain, workshop untuk meningkatkan pembelajaran melalui kolaborasi mitra dan inisiasi tata  kelola Tefa, pelatihan dan sertifikasi PLC, pengembangan wahana inovasi pembelajaran untuk mendukung produk unggulan pulsed electric field (PEF), sertifikasi kelayakan uji produk unggulan PEF dari Laboratorium Tegangan Tinggi UGM dan, sertifikasi ISO 17025:2017, pelatihan dan sertifikasi K3 umum untuk persiapan magang MBKM industri bidang otomasi elektronika.

20 Desember 2023 - 17:45:27 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Elektronika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa