Reduksi Bakteri Ikan Menggunakan Pulsed Electric Field

Ketika kita mendengar kata elektronika mungkin banyak yang mendefinisikan dengan komponen-komponen kecil yang ada di Televisi, radio, sound system dan peralatan rumah tangga yang lain. Itu benar sekali. Namun pemanfaatan elektronika tidak hanya berlaku pada perlatan rumah tangga saja.

Pada artikel ini kita akan mendapatkan informasi bagaimana elektronika dapat mendukung kemajuan bahari. Ada beberapa  pemanfaatan teknologi elektronika dalam dunia bahari, diantaranya adalah: navigasi yang aman dan efisien, robotika laut untuk konservasi, monitoring kelautan, akuakultur berkelanjutan, energi terbarukan di laut, dan pengolahan hasil laut

Salah satu teknologi bidang elektronika untuk pengeolahan hasil laut adalah pulsed electric field (PEF). Teknologi PEF meruakan teknologi non termal  dengan menghasilkan medan listrik DC berdenyut. Teknologi PEF dapat menggantikan pasteurisasi termal tradisonal pada alikasi pengolahan ikan yang dapat untuk inaktivasi mikroorganisme (Barbosa-Cànovas, Pothakamury, Palou, & Swanson, 1998).

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwah teknologi PEF dapat memepertahankan karakteristik fisik dan fungsi dari produk akhir yang di berikan treatment.

Prinsip kerja dari teknologi PEF adalah sebagai berikut: pertama, penerapan medan listrik tinggi. PEF melibatkan penerapan medan listrik tinggi pada bahan yang akan diolah. Medan listrik ini dihasilkan oleh elektroda yang ditempatkan pada sisi bahan. Kedua, pemberian pulsed electric field. Pada saat yang ditentukan, pulsa listrik yang singkat dan kuat diberikan melalui elektroda. Pulsa ini menciptakan medan listrik tinggi yang diterapkan pada bahan. 

Ketiga, pengaruh pada bahan. Medan listrik yang dihasilkan oleh PEF dapat mempengaruhi struktur membran sel atau meningkatkan ukuran pori sel. Hal ini dapat menginaktivasi mikroorganisme pada bahan pangan atau meningkatkan efisiensi proses ekstraksi senyawa dari bahan alami. Keempat, efek elektroporasi. Salah satu efek utama dari PEF adalah elektroporasi, yaitu pembentukan pori-pori kecil pada membran sel. Pori-pori ini memungkinkan zat-zat yang sebelumnya terkunci di dalam sel untuk keluar atau memungkinkan zat-zat eksternal untuk masuk ke dalam sel.

Dengan menggunakan prinsip ini, PEF dapat digunakan untuk inaktivasi mikroorganisme pada bahan pangan pada produk perikanan. Teknologi PEF ini dapat membunuh mikrorganisme yang dapat tumbuh pada daerah kadar garam tinggi seperti pada ikan asin. Jadi ini dapat dimanfaatkan oleh kelompok pengolah ikan asin yang ada di kawasan pesisir yang menghasilkan ikan.

Mungkin teknologi ini masih awam bagi masyarakat, jadi artikel ini dalam rangka untuk mempublikasikan bahwa ada teknologi pengolahan ikan untuk membunuh bakteri tanpa melalui pemanasan, namun dengan system medan listrik berdenyut atau PEF.


Penulis:
Qirom, S.Pd., M.T.
Dosen Teknik Elektronika Politeknik Harapan Bersama

27 Desember 2023 - 14:57:33 WIB   0
Penelitian Dosen   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Elektronika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa