Rekognisi Pembelajaran Lampau untuk Pendidikan Masa Depan

Banyak rekan-rekan yang sudah bekerja tapi memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau kuliah. Tentu ada beberapa pertimbangan dan tantangan diantaranya yaitu mengatur waktu jam kerja dan jam kuliah, persiapan dana yang dibutuhkan, hingga memilih kampus yang tepat.

Pertimbangan-pertimbangan itu diharapkan tidak menjadi halangan buat rekan-rekan yang sudah punya keinginan menggebu untuk memiliki gelar pendidikan yang lebih tinggi. Baik Anda yang belum pernah kuliah sama sekali, pernah kuliah tapi terputus di tengah jalan, atau bahkan sudah pernah meraih gelar sarjana namun ingin meraih gelar yang lebih tinggi lagi. Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) atau Prior Learning Recognition merupakan jalur kuliah yang saat ini semakin diminati oleh masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu namun berkeinginan untuk melanjutkan studi. RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, non formal, informal, dan/atau pengalaman kerja, sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu. 

Program ini telah disediakan oleh sejumlah perguruan tinggi guna memenuhi kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat saat ini. Melalui RPL, masyarakat dapat membuktikan kemampuan dan pengalaman kerja yang mereka peroleh selama ini. Program ini mengakui bahwa belajar tidak hanya terjadi di kelas formal, tetapi juga melalui pengalaman, pelatihan, dan proyek-proyek sebelumnya. Program ini memungkinkan individu untuk memperoleh pengakuan atas kompetensi yang mereka miliki sebelumnya, serta mempercepat perolehan gelar sarjana.

Program kuliah meskipun melalui jalur RPL tetap akan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kurikulum dan metode perkuliahan untuk program ini menyesuaikan sehingga bisa cepat tapi tidak menurunkan kualitas dari lulusannya. Mahasiswa yang akan menempuh jalur RPL tidak perlu khawatir mendapat materi atau pengajar yang tidak berkualitas. Pihak Perguruan Tinggi tetap akan memberikan program belajar-mengajar yang profesional. Apalagi mahasiswa RPL sebelumnya sudah berpengalaman bekerja. Jadi mereka tentunya memiliki pandangan yang lebih matang tentang dunia kerja nyata ketika berkuliah. Dikutip dari laman Antaranews (2022), Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati menjelaskan, bahwa pengakuan akan RPL tidak mengurangi kualitas pendidikan. RPL menjadi salah satu strategi kuat untuk memberikan layanan pendidikan berkualitas.

Penyelenggaraan RPL berdasarkan pada Permendikbudristek Nomor 41 tahun 2021 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau meliputi RPL untuk melanjutkan pendidikan formal; dan RPL untuk melakukan Penyetaraan dengan Kualifikasi tertentu. Peraturan ini ditetapkan pada tanggal 21 Desember 2021 oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim.

Perbedaan antara RPL dan non RPL adalah pembelajaran RPL dapat ditempuh bila calon mahasiswa sudah menempuh pendidikan perguruan tinggi sebelumnya dan memiliki pengalaman bekerja dan kompetensi atau keterampilan yang sesuai dengan bidang jurusannya, sedangkan untuk Non RPL ditempuh untuk calon mahasiswa lulusan SMA atau SMK sederajat yang benar benar belum pernah menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan belum memiliki pengalaman bekerja. Selain itu pembelajaran RPL dapat ditempuh dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan pembelajaran reguler.

Adanya kebijakan ini rasanya akan sayang sekali dilewatkan bagi masyarakat yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan kata lain tidak ada alasan untuk tidak sekolah. Sebagai masyarakat, kita perlu memberikan apresiasi terhadap kemungkinan ini dan mencari informasi yang tepat untuk mendukung keputusan pendidikan kita. Ada banyak alasan bagi seseorang yang sudah bekerja untuk melanjutkan pendidikan, diantaranya yang berkaitan dengan karir (kenaikan pangkat dan gaji lebih tinggi), peningkatan keterampilan di bidang yang diminati, memperluas wawasan dan intelektual, memperluas relasi dan pertemanan.

Kelas RPL mulai diterapkan oleh beberapa perguruan tinggi mulai awal tahun 2023. Salah satu Perguruan tinggi yang menyelenggarakan kelas RPL adalah Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber). Kelas RPL di Prodi D3 Akuntansi Poltek Harber banyak kemudahan, seperti lulus lebih cepat, bisa ditempuh 3 sampai 4 semester, biaya kuliah terjangkau, dan perkuliahan bersifat hybrid. Minat pendaftar pada kelas RPL ini pun cukup banyak. Hal ini menandakan bahwa keinginan masyarakat untuk menempuh pendidikan lanjut cukup tinggi. 

Penulis:

Arifia Yasmin, M.Si, Ak, CA, CTA | Dosen Prodi D-3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama

13 Oktober 2023 - 11:09:52 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa