Tingkatkan Kompetensi Guru Akuntansi, Poltek Harber Bekali Materi Pengelolaan Buku Besar

Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) bekali guru SMA/SMK/MA di wilayah Brebes, Tegal, Slawi, dan Pemalang (Bregaslang) untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan buku besar di Aula Gedung C Poltek Harber, pada Kamis (04/01/24).

Kegiatan ini merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat (PKM) dalam rangka mempersiapkan kompetensi guru serta meningkatkan kompetensi guru dalam rangka uji kompetensi klaster pengelolaan buku besar pembantu bagi para guru jurusan akuntansi di wilayah  Bregaslang.

Ketua Prodi D-3 Akuntansi Poltek Harber Yeni Priatna Sari mengatakan, tujuan diadakannya PKM ini adalah untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan skill guru akuntansi di wilayah Bregaslang dengan memberikan materi klaster pengelolaan buku besar pembantu.

“Melalui pelatihan ini, kami berharap guru-guru akuntansi dapat memahami cara menyelesaikan soal uji kompetensi sehingga mampu kompeten pada saat pelaksanaan uji kompetensi teknisi akuntansi,” tutur Yeni.

Kegiatan ini akan terdiri pelatihan sekaligus uji sertifikasi teknisi akuntansi yang bekerja sama dengan LSP Teknisi Akuntansi. Dewi Kartika menjelaskan, sebagai tenaga pengajar, harus mempunyai tingkat kompetensi yang baik dan wajib untuk meningkatkan kualitas agar mempunyai pendidikan yang bermutu dan menghasilkan lulusan dan menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas. 

“Sertifikat kualifikasi merupakan pengakuan atas keterampilan dan pengetahuan seseorang, serta sikap kerja yang sesuai dengan standar keterampilan kerja yang dipersyaratkan”, ungkap Dewi dalam penjelasannya.


“Materi dalam kegiatan ini yaitu klaster pengelolaan buku besar pembantu yang masuk dalam SKKNI level keempat. Klaster ini terdiri dari empat uji yaitu pengelolaan kartu piutang, kartu utang, kartu persediaan, dan kartu aktiva tetap. Saat ini masih banyak guru akuntansi yang belum memiliki”, tambah Krisdiawati.

04 Januari 2024 - 06:45:49 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa