Tim Robotik Poltek Harber Siap Mengudara di Kontes Robot Terbang Indonesia 2024

Mahasiswa Program Studi D-3 Teknik Elektronika Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) yang tergabung dalam Tim Robotik bersiap ambil bagian dalam kompetisi robotik nasional, yaitu Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI).

Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) merupakan kompetisi pesawat tanpa awak yang paling bergengsi di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemendikburistek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Keempat mahasiswa yang tergabung dalam Tim Robotik Poltek Harber adalah M . Faris Falahudin, Rafli Prawira Jaya, M. Hamdani Yusuf dan Syukron Faqih Afrizal. Mereka akan berkompetisi dengan seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Tim Robotik Poltek Harber lolos menjadi finalis KRTI setelah melalui beberapa tahapan seleksi, diantaranya pengajuan proposal terkait rencana dan teknologi yang akan digunakan, kemudian seleksi melalui daring oleh juri untuk menilai kelayakan dari robot yang akan diikutsertakan. Sementara itu, Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) akan diselenggarakan pada 12 hingga 19 September 2024 di Lanud Gading, Gunung Kidul, Yogyakarta.

M. Faris Falahudin, Ketua Tim Robotik menyampaikan bahwa Tim Robotik Poltek Harber lolos menjadi finalis KRTI pada divisi Vertical Take Off Landing (VTOL). VTOL (Vertical Take-Off And Landing) merupakan salah satu pesawat tanpa awak yang mempunyai banyak peran dan pengaplikasiaanya, seperti pemantauan lingkungan, pengiriman barang, pemetaan wilayah, dan pengambilan barang. 

“Sistem pada drone yang digunakan pada lomba KRTI 2024 ini bersifat fully autonomous yang bekerja berdasarkan program dan dikombinasikan perangkat autopilot pada drone agar bisa bekerja secara autonomous. Pada divisi ini, terdapat 26 finalis yang akan berkompetisi, mayoritas diantaranya adalah kampus negeri seperti ITB, ITS, IPB, UGM, UNDIP, UNS, PENS, dan kampus lainnya”, kata Faris.

Rony Darpono, Ketua Prodi D-3 Teknik Elektronika yang juga pembimbing Tim Robotik menyampaikan rasa bangga karena ini merupakan pertama kalinya mengikuti KRTI dan masuk 26 besar nasional, selain itu Tim Robotik Poltek Harber merupakan satu-satunya dari Politeknik Swasta.

“Semoga ini menjadi awal yang baik, Tim Robotik Poltek Harber bisa berkompetisi di level nasional. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan berprestasi, harapannya kami mampu bersaing dengan kampus negeri lainnya, dan membanggakan almamater dengan menjuarai kompetisi ini”, tutur Rony.

11 September 2024 - 16:58:46 WIB   0
Kemahasiswaan   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Elektronika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa