Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) : Bersama Meraih Prestasi

Julukan “Agent Of Change” sudah sepatutnya melekat pada jati diri mahasiswa, sebagai generasi perubahan mahasiswa mempunyai peranan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas. Di era banyaknya persaingan yang sangat ketat mahasiswa dituntut untuk terus mengembangkan potensi yang dimiliki dan meningkatkan kompetensinya dalam memecahkan suatu permasalah yang muncul di dunia kerja. Oleh karena itu, mahasiswa perlu melakukan kegiatan maupun program magang di instansi atau lembaga yang relevan dengan kompetensi yang dimiliki.

Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) salah satu program unggulan dari Kampus Merdeka di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Program MSIB merupakan program yang memiliki tujuan dalam mempersiapkan karir secara komprehensif dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk bisa belajar di luar kuliah dengan adanya jaminan konversi SKS yang diakui perguruan tinggi. 

Dalam setahun, program MSIB ini membuka kesempatan sebanyak 2 kali bagi para mahasiswa untuk bisa mendaftar di program tersebut. Pada MSIB Angkatan 6 tahun 2024 sebanyak 151.724 mahasiswa telah mendaftar program ini dan sebanyak 47.984 mahasiswa terpilih mengikuti Program MSIB Angkatan 6 tahun 2024. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang paling banyak sejak diluncurkannya program MSIB pada tahum 2021. 

Melalui MSIB, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dunia kerja serta mampu mengasah skill baik soft skills maupun hard skills. Menurut Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia mengatakan “Beberapa survei membuktikan bahwa mahasiswa lulusan program MSIB memiliki kapasitas berpikir dan kompetensi di atas rata-rata, waktu tunggu kerja jauh lebih cepat, dan gaji pertama yang signifikan lebih tinggi dibandingkan lulusan lainnya”. Nadiem Makarim juga kembali menegaskan bahwa program MSIB berhasil menjembatani kompetensi lulusan perguruan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan lapangan pekerjaan.

Selain dari pada mendapatkan pengalaman dunia kerja, mahasiswa program MSIB akan mendapatkan pendampingan dari mentor profesional yang ahli dibidangnya serta mahasiswa akan melakukan suatu proyek nyata yang dapat memberikan kontibusi bagi pihak mitra.

Oleh: Rafi Syaefudin

Mahasiswa Program Studi D-3 Akuntansi, Politeknik Harapan Bersama

27 Agustus 2024 - 13:28:19 WIB   0
Artikel Mahasiswa   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa