Perhotelan Poltek Harber Adakan FGD General Manager Hotel se-Pantura

Program Studi (Prodi) D-3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) gandeng seluruh General Manager Hotel se-Pantura dalam rangka penyelarasan kolaborasi untuk memajukan SDM bidang perhotelan yang dilaksanakan di Harber Cafe pada Senin, (26/08/2024). 

Ketua Prodi D-3 Perhotelan, Puput Dewi Anggareani menuturkan kegiatan ini diadakan pertama kali oleh Prodi dengan tujuan pengenalan prodi D-3 Perhotelan Poltek Harber ke hotel-hotel di wilayah Pantura khususnya Bregaslang (Brebes, Tegal, Pemalang). Selain itu, kegiatan ini juga dijadikan wadah komunikasi untuk membahas kurikulum berbasis industri, standar laboratorium prodi, sertifikasi kompetensi mahasiswa dan dosen, dosen magang, dan GM (General Manager) mengajar. 

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Tegal, Saunan Rasyeed mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi Poltek Harber yang telah mengadakan FGD (Forum Group Discussion) dengan teman-teman General Manager Hotel. PHRI yakin ada banyak masukan-masukan dari para General Manager, dan masalah pendidikan bukan masalah kampus saja tapi sudah menjadi masalah bersama.

Teguh selaku Corporate GM dari Dedi Jaya Group menyampaikan bahwa market dari hotelnya tentu lulusan dari akademisi.

“Kami membutuhkan SDM dengan mental yang bagus, bukan cuma secara hard skillnya saja namun disini soft skill adalah yang paling utama. Terkait dengan DW (Daily Worker) kami juga butuh banyak terkait dengan agenda-agenda hotel apabila weekend ataupun hari besar lainnya. Terkait dengan sertifikasi kompetensi kuota gratis setiap tahunnya selalu ada, namun tahun terakhir yang kami selenggarakan tidak sesuai dengan kriteria, tapi tetap kami terima karena masih berkaitan dengan pariwisata”, tambah Teguh.

Manager Hotel dari PrimeBiz, Taufik Hidayat menambahkan ketersediaan sumber daya manusia dari sisi perhotelan di area pantura masih kurang. Pihaknya masih kesulitan untuk mencari tenaga kerja atau karyawan untuk dapat bekerja dalam bidang perhotelan dan pariwisata. 

“Yang menjadi tugas berat bagi kami kepada OJT (On the Job Training) ini dari sisi kekuatan mental mereka pada saat berhadapan dengan tamu. Di hotel ini tidak hanya menggunakan hardskill saja, tapi softskill juga dibutuhkan”, jelas Taufik.

26 Agustus 2024 - 17:55:56 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Perhotelan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa