Dorong UMKM Potensi Ekspor, Dosen Poltek Harber Bekali Kemampuan Bahasa Inggris

Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Desain Komunikasi Visual (DKV) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) adakan kegiatan English for Marketing & Promotion: Workshop Bahasa Inggris Praktis dan Mudah untuk UMKM Potensi Ekspor yang diselenggarakan di Rumah BUMN Kota Tegal pada Kamis, (13/6/2024).

Kegiatan yang merupakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) diikuti oleh 20 peserta pelaku UMKM binaan dari Rumah BUMN Kota Tegal. Dalam kesempatan ini, Iin Indrayanti dan Nadia Safina Faradis selaku pelaksana kegiatan ingin membantu pelaku UMKM untuk memasuki pasar ekspor dengan mengadakan pelatihan berbahasa Inggris.

Iin Indrayanti selaku Ketua PKM menuturkan, selain berfokus pada materi bahasa lisan (Spoken Language), workshop kali ini juga membahas mengenai bagaimana memahami strategi berkomunikasi dengan customer dan international buyer.

“Dalam materi bahasa lisan, terdapat beberapa hal yang disampaikan seperti, Vocabulary Building (Pembentukan Kosa Kata terkait), Language Expressions (Ragam ungkapan dan Fungsi Bahasa), Conversation Practice (Praktek Percakapan), Product Description (Deskripsi Produk) yang dikemas dalam bentuk video Bahasa Inggris”, tutur Iin.

Arief Rahman Hakim selaku Penyelia Business Team Leader BNI KC Tegal sekaligus pengelola Rumah BUMN Tegal mengapresiasi kegiatan ini serta mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan ini. 

“Acara pelatihan ini dirasa sangat penting, khususnya bagi produk yang berpotensi dan berpeluang merambah ke pasar atau market internasional atau berpeluang untuk ekspor”, tambah Arief dalam sambutannya.

Firyal Hanifah selaku fasilitator dalam kegiatan ini menyambut dengan baik adanya kegiatan ini. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan informatif dengan adanya sesi praktik, sehingga peserta pelatihan dapat ikut berperan aktif.

Selain dosen, mahasiswa Prodi D-3 DKV ikut dilibatkan dalam kegiatan ini. Disamping memperoleh pengalaman yang berharga selama kegiatan, mahasiswa juga dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh selama kuliah dalam konteks real di masyarakat, mereka menyiapkan handbook (buku pegangan) berisikan materi pelatihan, yang dibagikan kepada seluruh peserta yang pastinya sangat bermanfaat untuk melatih Bahasa Inggris dalam menunjang perkembangan produk UMKM.

20 Juni 2024 - 16:40:14 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Desain Komunikasi Visual  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa