Dosen Poltek Harber Kenalkan Profesi Akuntan dan Auditor pada Siswa SMA

Dosen program studi (Prodi) D-3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) berikan pemahaman mengenai perbedaan profesi akuntan dan auditor kepada para siswa-siswi SMA Negeri 2 Kota Tegal pada Selasa, (21/5/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan langsung di SMA N 2 Tegal diikuti oleh siswa-siswi dari kelas 10 jurusan MIPS (Matematika & Ilmu Pengetahuan Sosial) yang mana pada jurusan ini teman-teman juga memiliki mata pelajaran ekonomi dan akuntansi. Kegiatan ini juga merupakan salah satu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Dosen Prodi D-3 Akuntansi Poltek Harber.

Saat ini profesi akuntansi dan profesi auditor menjadi salah satu hal yang menarik bagi beberapa orang dikarenakan banyaknya peluang kerja, gaji dan upah yang lumayan, tingginya permintaan untuk menjadi bagian dari profesi akuntan dan auditor.

Arifia Yasmin selaku ketua tim PKM kali ini mengungkapkan, dirinya dan tim ingin para siswa SMA N 2 Tegal ketika nantinya lulus, memiliki gambaran  dengan berprofesi sebagai akuntan maupun auditor. Pembelajaran yang disampaikan tidak didapatkan dari sekolah dan hanya ada pada saat mereka nantinya melanjutkan di perguruan tinggi sehingga mereka memiliki rasa ingin tahu mengenai pekerjaan-pekerjaan tersebut.

“Para siswa memiliki antusias yang tinggi dalam kegiatan ini. Tim mencoba melakukan pre test yang bertujuan untuk mengukur seberapa besar kompetensi yang dimiliki para siswa sebelum diadakannya sesi materi. Setelah sesi materi selesai tim juga memberikan post test yang bertujuan mengukur seberapa besar pemahaman para siswa terkait dengan materi yang telah disampaikan”, ungkap Yasmin.

Hasil yang didapatkan dari test tersebut yaitu, banyak siswa yang memiliki potensi untuk menjadi bagian dari profesi akuntan dan auditor. Sehingga kedatangan Poltek Harber kali ini, sangat bermanfaat bagi siswa. 

Wakil Kepala Humas SMAN 2 Tegal, Indriyati Mustikaningsih menuturkan adanya kegiatan ini bermanfaat bagi siswa dan siswi dalam mengetahui berbagai profesi dari penjurusan akuntansi. Selain itu, kegiatan ini juga menambah keeratan antara SMA N 2 tegal dan Poltek Harber agar kedepannya dapat tercipta kerjasama tidak hanya dalam kegiatan pengabdian.

03 Juni 2024 - 11:39:53 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa