Jelang Kelulusan, Mahasiswa Perhotelan Poltek Harber Dibekali Sertifikasi Kompetensi

Puluhan mahasiswa program studi (Prodi) D-3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) ikuti Ujian Sertifikasi Kompetensi jelang kelulusan, yang diselenggarakan di Harber Cafe and Resto pada Kamis, (06/6/2024).

Kegiatan ini merupakan agenda yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya. Pada tahun ini, Uji Sertifikasi Kompetensi diselenggarakan pada 2 bidang keahlian, yaitu Waiter dan Cookery level 2. Penilaian hasil ujian dilakukan oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Pariwisata Nusantara.

Khaeril Sungkawa yang merupakan salah satu asesor pada ujian kali ini menyampaikan bahwa, asesmen ini bertujuan untuk membantu peserta, khususnya mahasiswa prodi D-3 Perhotelan untuk mengembangkan kompetensi di bidang keahlian masing-masing.

“Dengan diadakannya uji serkom ini, mahasiswa diharapkan dapat bertanggungjawab terhadap hasil yang didapat jika dinyatakan kompeten. Selain itu, peserta juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dengan mengikuti uji serkom pada level yang lebih tinggi pada saat bekerja nantinya”, ungkap Khaeril.

Rais selaku Kepala Unit Pelatihan dan Sertifikasi Poltek Harber menyampaikan terima kasih kepada LSP Pariwisata Nusantara yang telah mau bekerjasama dengan Poltek Harber dalam pelaksanaan uji serkom ini. Nantinya, sertifikat yang didapatkan oleh mahasiswa yang dinyatakan kompeten akan menjadi salah satu berkas wajib pendamping ijazah yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan baik itu di hotel, restoran maupun bidang pariwisata lainnya.

“Kerjasama ini merupakan kali kedua karena tahun lalu kami juga melaksanakan serkom dengan skema cookery. Kemudian uji sertifikasi kompetensi ini diselenggarakan untuk membantu mahasiswa dalam mencari pekerjaan setelah lulus. Kami juga berharap agar mahasiswa melaksanakan uji serkom dengan sungguh-sungguh agar dapat dinyatakan kompeten”, tutur Rais.

Pada kegiatan ini, asesmen dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap pertama pengisian APL (Analisis Pengujian Laboratorium), tahap kedua praktik dan tahap terakhir wawancara. Pada skema waiter, masing-masing peserta asesmen diharuskan menata peralatan makan seperti plate, water goblet dan cutleries sesuai dengan pedoman sequence of service yang telah dipelajari. Sedangkan pada skema cookery, peserta diwajibkan untuk memasak dan menyuguhkan sebuah hidangan main course untuk dinilai asesor.

19 Juni 2024 - 13:53:58 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Perhotelan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa