Poltek Harber Tingkatkan Keterampilan Digitalisasi Bagi Siswa SMK

Puluhan siswa SMK ikuti Peningkatan Keterampilan Digitalisasi yang diselenggarakan oleh Dosen D-3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama di SMK Muhammadiyah Adiwerna pada Rabu, (24/4/2024).

Kegiatan ini merupakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Dalam pelatihan ini, siswa diberikan pengertian mengenai perbedaan software akuntansi MYOB dan software akuntansi Accurate serta kelebihan Accurate. Selanjutnya peserta pelatihan diberikan materi dan praktek tentang digitalisasi akuntansi. Peserta pelatihan dipandu untuk mencatat transaksi keuangan serta laporan keuangannya dengan menggunakan software akuntansi Accurate.

Fitri Amaliyah ketua tim PKM mengungkapkan, di era digitalisasi saat ini, penggunaan software akuntansi telah menjadi semakin umum sebagai alat bantu dalam proses pembuatan laporan keuangan untuk proses pengambilan keputusan bisnis yang tepat. Salah satu perangkat lunak akuntansi yang banyak digunakan oleh pemain bisnis lokal di Indonesia adalah Accurate. Accurate selalu mematuhi Standar Akuntansi Keuangan dan peraturan pajak yang berlaku di Indonesia, menjadikannya sebagai solusi akuntansi yang dapat diandalkan. 

“Hal tersebut mendorong perlunya siswa/siswi SMK dengan bidang jurusan akuntansi dibekali pelatihan software akuntansi Accurate dalam rangka peningkatan keterampilan digitalisasi akuntansi khususnya software Accurate sebagai penunjang kompetensi akuntansi digital di era digital”, ungkap Fitri. 

Siti Uviyanti Ketua Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah Adiwerna menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para siswa akuntansi SMK Muhammadiyah Adiwerna tentang penggunaan akuntansi digital khususnya software akuntansi Accurate sebagai bekal menghadapi dunia kerja sehingga siswa lebih siap dan memiliki kompetensi untuk dapat mengaplikasikannya di dunia industri.

“Dengan adanya pelatihan seperti ini, siswa kami tentunya akan lebih memahami mengenai apa itu akuntansi digital, terutama dalam penggunaan software Accurate. Hal ini diharapkan dapat menjadi bekal yang cukup untuk mereka menghadapi dunia industri nantinya”, tutur Siti.

Pada tahap terakhir kegiatan ini, peserta pelatihan diberikan kesempatan untuk mendiskusikan permasalahan yang ditemukan pada saat menggunakan aplikasi Accurate, khususnya tentang tahap-tahap pembuatan laporan keuangan.

26 April 2024 - 13:50:30 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa