Prodi ASP Poltek Harber Gandeng KPP Edukasi Perpajakan Bumdes dan Desa

Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) menggandeng KPP Pratama Tegal dalam menyelenggarakan Pelatihan Perpajakan. Kegiatan ini ditujukan untuk Bendahara Desa dan BUMDesa Se-Kecamatan Kramat pada Selasa, (21/5/2024) di Aula Desa Dinuk. 

Ketua Program Studi ASP, Alfian menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah guna memberikan wawasan mendalam mengenai pengelolaan perpajakan yang efektif dan sesuai dengan regulasi terkini bagi para Bendahara Desa dan BUMDesa Se-Kecamatan Kramat.

“Diharapkan melalui pelatihan ini, bendahara desa dan pengurus BUMDes dapat memahami lebih baik prosedur perpajakan, sehingga mampu mengurangi kesalahan administratif dan meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi pajak. Prodi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik Poltek Harber berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan kapasitas sumber daya manusia di desa melalui kegiatan-kegiatan edukatif dan pelatihan seperti ini”, ujar Alfian.

Sebagai narasumber pertama dari KPP Pratama, Lashuardi Widodo menyampaikan materi Kewajiban Perpajakan Instansi Pemerintah sesuai dengan PMK 59 Tahun 2022 dan Aspek Perpajakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). 

“Desa wajib melaporakan pajak untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi perpajakan, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas serta mendukung pembangunan daerah”, kata Lashuri.

Narasumber kedua, Bagus Sulistya menambahkan dalam membuat dan melaporkan bukti potong atau pemungutan pajak penghasilan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi E-Bupot. Tujuanya agar mempermudah wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakan secara digital dengan tidak perlu hadir langsung ke Kantor Pajak.

07 Juni 2024 - 14:06:24 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Akuntansi Sektor Publik  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa