Teknik Mesin Poltek Harber Perkuat Kerja Sama dengan Politeknik Caltex Riau

Program Studi D-3 Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama teken Memorandum of Agreement (MoA) dengan Politeknik Caltex Riau pada acara Vocational Higher Education Transformation in Indonesia (VALERIA), Minggu s.d Kamis 26-30 Mei 2024 di Grand Jatra, Pekanbaru.

Kegiatan yang diikuti oleh 24 Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) bertujuan untuk memperkuat kerja sama dalam bidang pendidikan vokasi di Indonesia mencakup penyelenggaraan program pelatihan bagi pimpinan Perguruan Tinggi Vokasi se-Indonesia.

Sekretaris Program Studi D-3 Teknik Mesin, Nur Aidi sebagai delegasi Poltek Harber menyampaikan kegiatan VALERIA memberikan banyak pengetahuan baru terkait gaya dalam memimpin suatu institusi pendidikan, memahami aturan-aturan baru dalam Permendikbud No. 53 tahun 2023, menambah jaringan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi vokasi baik negeri maupun swasta.

“Di kegiatan ini pula, kami melakukan penandatanganan MoA dengan Politeknik Caltex Riau untuk memperkuat kerja sama, selain itu kami melakukan benchmarking dengan Politeknik Caltex Riau (PCR) serta Pertamina Hulu Rokan (PHR). Benefit dari program ini yaitu adanya kesempatan untuk mengajukan hibah penelitian dan pengabdian kepada DAAD DIES Jerman”, ungkap Aidi.

Sementara itu Direktur Politeknik Caltex Riau Dadang Syarif Sihabudin Sahid mengucapkan, selamat datang di Kota Pekanbaru kepada semua peserta dan tamu yang hadir dalam kegiatan VALERIA. Kehadiran kita selain untuk memperkuat kerja sama untuk menuntaskan rencana yang sudah direncanakan secara bersama-sama. Ada 24 proyek yang dikerjakan dan dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi peserta VALERIA sesuai dengan situasi dan kondisi di institusi pendidikan masing-masing.

Istianah Muslim selaku koordinator program VALERIA, mengatakan bahwa program VALERIA disusun dengan pendekatan participatory approach yang melibatkan peserta secara langsung melalui brainstorming, diskusi dan inisiasi berdasarkan pengalaman pimpinan masing-masing perguruan tinggi. Narasumber dan fasilitator memberikan ruang kepada peserta untuk memfasilitasi diskusi dengan berbagai metode yang diadopsi dari kegiatan-kegiatan DIES International. 

“Kegiatan ini juga dilakukan dalam bentuk kunjungan industri ke perusahaan mitra Politeknik Caltex Riau, PT Pertamina Hulu Rokan, salah satu BUMN yang bergerak di bidang minyak dan gas. Hal ini dilakukan karena perguruan tinggi vokasi sangat didorong untuk memiliki link and match dengan mitra industri”, tutur Istianah.

06 Juni 2024 - 10:47:13 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Mesin  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa